BERITA > Publikasi Inderaja > Sosialisasi Instruksi Presiden No.


Kamis, 21 Juni 2012

SOSIALISASI INSTRUKSI PRESIDEN NO. 6 TAHUN 2012


Kapus Tekdata, DR. Orbita Roswintiarti, M.Sc., menyampaikan Sosialisasi

Pekayon, Rabu (20/6/12), Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh memberikan sosialisasi mengenai Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012. Acara tersebut bertempat di Ruang Training  LAPAN Pekayon,  Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh LAPAN, DR. Orbita Roswintiarti, M.Sc.,  menyampaikan penjelasan mengenai maksud dan tujuan dari Sosialisasi ini. Acara dihadiri oleh Pejabat Struktural, serta sekitar 150 staf dan peneliti di lingkungan Lapan Pekayon.

Selanjutnya, DR. Orbita Roswintiarti, M.Sc. menjelaskan bahwa Inpres No. 6 Tahun 2012 menunjuk LAPAN dengan tugas sebagai berikut, :

  • menyediakan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi dengan lisensi Pemerintah Indonesia;
  • meningkatkan kapasitas dan operasi sistem akuisisi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi;
  • melaksanakan penyediaan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan;
  • melakukan pengolahan atas data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi berupa koreksi radiometrik dan spektral;
  • membuat metadata atas data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia;
  • melakukan penyimpanan data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi; dan
  • bersama Kepala Badan Informasi Geospasial melakukan pengendalian kualitas terhadap data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi.

Peserta Sosialisasi, tekun mengikuti dan mendengarkan

 SIAPKAH LAPAN???

            Keputusan Presiden No. 33 Tahun 1988 menetapkan LAPAN sebagai instansi pemerintah dengan tugas pokoknya adalah melaksanakan penelitian dan pengembangan di bidang kedirgantaraan dan pemanfaatannya. Dalam Keputusan Presiden tersebut ditetapkan beberapa fungsi dari Deputi Penginderaan Jauh, dan salah satu fungsinya adalah menyelenggarakan fungsi sebagai Bank Data Penginderaan Jauh Nasional. 

            Inpres Nomor 6 Tahun 2012, yang dikeluarkan pada tanggal 8 Mei 2012, yang menginstruksikan kepada para Menteri, Panglima TNI, Kepala POLRI, para Kepala LPNK, para Gubernur, para Bupati/Walikota agar meningkatkan efisiensi dan menghindari duplikasi alokasi anggaran dalam rangka  memanfaatkan data satelit inderaja resolusi tinggi yang disediakan LAPAN. Untuk mengantisipasi permintaan yang banyak karena untuk memperoleh data resolusi tinggi yang diterapkan kebijakan satu pintu melalui LAPAN, oleh karena itu LAPAN harus mengerahkan sumber daya yang ada antara lain SDM, Sarana dan Prasarana, Anggaran, dll.

            Pengelolaan Bank Data Penginderaan Jauh LAPAN saat ini belum terintegrasi secara nasional, visi dan misi, tujuan dan lingkup kegiatan sistem penyimpanan dan pendistribusian, sistem koordinasi dengan instansi terkait, belum diirumuskan secara rinci. Peran Bank Data Penginderaan Jauh saat ini masih belum berfungsi sebagai pengelola suatu Bank Nasional yaitu sebagai tempat penyimpanan informasi tentang sesuatu atau berbagai hal yang diorganisir dengan suatu cara tertentu sehingga dimungkinkan untuk mendapatkan informasi secara lokal ataupun dari jarak jauh.

            Pengguna data inderaja umumnya mengharapkan tersedianya data inderaja yang dibutuhkan, dan berbagai jenis data yang tersedia dapat diakses dengan cepat dari jarak jauh dan mudah didapatkan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut di atas perlu membangun Bank Data Penginderaan Jauh yang ditata dengan baik dan dikelola secara terstruktur dengan suatu sistem, transparan dan terintegrasi dalam suatu jaringan nasional dengan memperhatikan berbagai kepentingan yang terkait dan lingkungan strategis yang mempengaruhi.(AK).


Topik Terkait:


PUBLIKASI INDERAJA
Arsip Lengkap

KEGIATAN
Arsip Lengkap
Language:
Copyright © 2010 Deputi Bidang Penginderaan Jauh All Rights Reserved